Subhanallah.

Bahan bacaan dan cernaan otak kiri dan kanan. (
….nice story…:)

      1.Latar Belakang

      Prinsip utama saya sejak beranjak dewasa sampai
sebelum perjalanan umroh
      ini adalah : "Tak ada keajaiban". Segala
sesuatu harus masuk logika,
      masuk akal, dan jauh dari hal-hal yg tak masuk
akal. Segala sesuatu
      mesti ada penjelasan ilmiahnya.

      Oleh karena itu pandangan saya selalu mengacu
kepada konsep hukum-hukum
      fisika, sosial, dan hukum psikologi. Tak ada
kejadian yg pernah bisa
      melanggar hukum alam. Setiap pohon pisang akan
berbuah pisang, setiap
      mahluk hidup mempunyai siklus biologi sesuai
spesisnya, setiap apapun
      didunia ini tidak ada yg bisa lepas dari hukum
absolut alam semesta.
      Takkan pernah ada cimpedak berbuah nangka
kecuali dalam sajak. Takkan
      pernah ada orang kebal peluru. Takkan pernah ada
keajaiban, keanehan,
      atau anomali hukum alam.

      Sebelumnya saya hanya tertawa mendengar
cerita-cerita keajaiban ataupun
      kejadian luar biasa yg kerap terjadi pada orang
yg melakukan ibadah haji
      atau umroh di tanah suci. Mungkin itu hanya
kebetulan, atau mungkin itu
      hanya bohong belaka.

      Sehingga kajian saya mengenai telaah agama
islam, selalu mengacu kepada
      analisa, sentesa, konseptual, dan hipotesa.
Pendeknya, tak ada alat yg
      saya miliki untuk telaah tsb selain metode
ilmiah, sampai saya dipaksa
      harus menyadari instrumen lain yg sesungguhnya
ada dan tak pernah saya
      gunakan.

      2. Perjalanan I : Jkt-Jeddah

      Saya berangkat dengan apa adanya menuju Jeddah.
Instruksi saya kepada
      secretaries yg membooking perjalanan untuk
mengambil paket yg paling
      murah, paling singkat, dan paling efisien. Boleh
dikata niat saya bukan
      untuk ibadah, tapi untuk sebuah hipotesa.

      Diperjalanan, saya bertemu dengan seorang Haji
yg telah beberapa kali
      berhaji dan berumroh, Bp H Tabrani (63), mantan
walikota Jakarta Timur,
      kelahiran Aceh.

      Kamipun terlibat diskusi dipesawat. Saya katakan
bahwa saya datang ke
      Mekkah bukan untuk cari umur panjang, rejeki,
kemakmuran, kekayaan, dsb.
      Saya katakana saya hanya ingin mencari petunjuk,
hidayah bahwa Al-Qur’an
      adalah memang benar datangnya dari Allah dan
bukan konsepnya Muhammad .
      Saya ingin tahu hipotesa saya benar atau salah.

      H.Tabrani berkata, " Insya Allah you akan
dapat semua itu. Namun semua
      akan tergantung dari cara you memandangnya,
apakah fenomena itu adalah
      sebuah petunjuk, atau hanya sebuah kebetulan
".

      2.1 Kejadian 1

      Beberapa saat setelah beliau bicara, tiba-tiba
mesin pesawat mati satu.
      Penumpang pun diharap kembali ketempat duduk
masing-masing dan memasang
      sabuk pengaman. Penerbangan baru berlangsung 45
menit. 5 menit kemudian
      kedua mesin Boeing 747 disayap kiri mati. Pilot
pun memberitahukan bahwa
      pesawat harus kembali ke Airport Soekarno Hatta.

      Kemudian pesawat mengalami turbulens yg
menyeramkan disertai jeritan
      penumpang, sementara saya melihat kejendela
pembuangan bahan bakar mulai
      dilakukan. Ini merupakan pemandangan yg sama
sekali tidak menyenangkan.

      Saat itu saya mulai takut dan berfikir tentang
kematian. Berkali-kali
      saya terbang, baru kali ini mengalami kejadian
yg demikian. Apakah
      tempat yg saya tuju memang luar biasa ? Ataukah
ini hanya kebetulan saja ?

      Dengan sisa mesin dan kekuatan yg ada, pesawat
terbang miring dan
      mendongak, sementara yg saya lihat dibawah hanya
lautan lepas. Namun
      akhirnya pesawat dapat mendarat di Soekarno
Hatta dengan selamat,
      diiringi beberapa mobil pemadam yg siap siaga.

      Kami semua di inapkan di Horison Hotel-Ancol.
      Di Hotel diskusi saya dengan Bp H Tabrani
berlanjut.
      Saya tanya ; Aca :" Pak Haji, kok susah
bener ya mau ke Mekkah aja ?"
      " Baru kali ini saya saya naik pesawat
kayak begini"
      H Tabrani : " You kurang niat kali… ini
khan bukan perjalanan biasa".
      Aca : Apanya yg luar biasa. Secara teknis tetap
sama"
      H Tabrani : " Wah…you boleh pilih,
melihat ini sebagai
      sebuah Kebetulan, atau sebuah kebesaran Allah !
"
      Aca : " Tapi Pak, kenapa kalau Allah mau
kasih pelajaran Semua satu pesawat terkena
      getahnya, padahal khan
Ada penumpang lain seperti Bapak yg sudah
berniat
      bulat umroh tetapi juga batal ".

      H Tabrani : " Andry…you khan tahu tidak
semua penduduk Indonesia
bobrok
      mentalnya, tetapi, jika Allah mau kasih
pelajaran khusus – hampir
      seluruh rakyat
Indonesia terkena dampaknya".
" Bisa jadi karena you
      dengan niat hipotesa atheis itu – kita semua
satu pesawat terkena
      akibatnya". "Coba dech.. you pikirin !
"

      Akhirnya saya mulai tafakur, mencoba untuk
merendahkan hati, sholat
      isya’ – dan membaca niat untuk umroh. Saya mulai
membuka-buka buku-buku
      petunjuk menjalankan umroh. Walau saya jarang
(hampir tidak pernah)
      berdo’a, saya baca-baca do’a nya.

      2.2 Kejadian 2

      Esoknya kami berangkat dengan pesawat lain. Dan
ketika itu saya melonjak
      kegirangan, karena saya di up-grade ke first
class. Waduh, enak juga, 10
      jam terbang tanpa harus berdesakan dengan
fasilitas lainnya yg tidak
      sama dengan economi.
      Tiba-tiba H Tabrani datang, " Wah you koq
disini ?
      " Aca : " Alhamdulillah saya di
up-grade Pak "
      H Tabrani : " Waduh…enak benerrrr, you
udah niat umroh ? "
      Aca : " Udah Pak, semalam saya tafakur,
berdo’a dan membaca niat "
      H Tabrani : "Bagus kalau begitu. You
sekarang melihat kan
Allah bisa memberikan imbalan kenikmatan secara
      Langsung "
      Aca : "Loh tapi Pak Haji, ini khan petugas
maskapai yg Ngatur!?"
      H Tabrani : " Bukan ! ini Allah yg ngatur,
melalui tangan petugas"
      Aca : " Wah ini mungkin hanya kebetulan
saja Pak !" " Nggak masuk akal
      kalo Cuma karena niat, saya langsung diberi
kenikmatan oleh Allah ".
      H Tabrani : " OK… khan saya sudah bilang
dari kemarin, semua Terserah you
      saja, apakah you mau melihat dengan Kacamata
kebetulan, atau kacamata iman !"

      H Tabrani pun mulai sewot dengan saya. Entah
karena nggak di up-grade
      atau karena sikap saya yg dianggapnya wangkeng.

      2.3 Kejadian 3

      Dipesawat, saya dikenalkan oleh pramugari kepada
2 orang penumpang yg
      menekuni manajemen pikiran. Dian, pramugari yg
sebelumnya terlibat
      diskusi agama dengan saya dan H Tabrani,
menyarankan agar masalah saya
      diungkapkan kepada mereka. Kamipun berkenalan,
seorang bernama Nur
      Cahyo, seorang lagi bernama Kartiko (mungkin
muridnya).

      Saya jelaskan permasalahan utama saya. Akhirnya
ia menjelaskan, " Sdr
      Andry, selama ini saya tahu anda telah banyak
berupaya, namun upaya itu
      belum optimum. Apa sebab – karena sdr hanya
menggunakan sebahagian yakni
      bagian kiri saja dari otak sdr ".

      "Karena otak, mempunyai 2 belahan, belahan
kiri yg fungsinya untuk
      menganalisa, kalkulasi, logika, konsentrasi,
hipotesa, dsb, dan belahan
      kanan yg berfungsi mencerna keindahan, emosi,
seni (spt musik),
      euphoria, keimanan, dsb. Kedua belahan otak tsb
harus sdr gunakan. Wajar
      kalau saudara hanya mengandalkan analisa dan
mendewakan sirkuit logika".

      " Ada
daerah kekuasaan Tuhan yg tidak dapat dianalisa dan didiskusikan.
      Daerah tsb hanya dapat dicerna oleh perasaan yg
kita sebut iman".

      "Loh…itu khan basic prinsip Quantum
Learning, saya tahu benar itu ",
      kilah saya.
      "Betul…bagus kalau anda tahu – tapi
pernahkah anda terapkan dalam pencarian ini ?".

      Saya mulai bingung dengan pertanyaan Kartiko.
      Saya tahu benar ilmu itu, karena saya sering
jadi pembicara tentang
      metode belajar dan bekerja menggunakan
keseimbangan otak kiri – kanan.

      Kepala saya seperti dipentung oleh senjata saya
sendiri.

      Kartiko melanjutkan, "Jika yg sdr cari
adalah petunjuk, ia dapat berupa
      ilham, mimpi, atau fenomena dan
kejadian-kejadian yg tak masuk akal.
      Sdr tak akan bisa menelaah semua itu nanti di
perjalanan dengan otak kiri
      (analisa) saja. Hasilnya akan sdr pisah-pisah
dan terlihat tidak
      berkaitan satu sama lain. Namun apabila sdr gunakan
juga otak kanan
      (intuisi/rasa/ iman), hasilnya akan sangat
menakjubkan" .

      H Tabrani pun ikut terlibat diskusi, dan ia
banyak membenarkan perkataan Kartiko.
      Sebelum Kartiko kembali ke kursi duduknya, saya
bertanya kepadanya, "Anda kuliah dimana ?".

      Kartikopun menjawab "Politeknik Mekanik
Swiss".

      "Astaga, angkatan berapa ?".
      "Angkatan 88", jawabnya.

      Akhirnya, kami pun bertambah mesra.

      Saya mulai menarik hipotesa dengan kedua belahan
otak saya ;

      1. Apakah instrumen ini berguna (telaah
menggunakan kedua belahan otak)untuk pencarian saya ?
      2. Kenapa saya tak pernah menggunakannya,
padahal saya tahu dan gandrung dengan ilmu itu ?
      3. Apakah ia hanya seorang kenalan di pesawat,
atau kah sebuah petunjuk agar saya menggunakan instrumen itu dalam perjalanan
sekarang dan nanti ?
      4. Apakah pertemuan kami ini hanya sebuah
kebetulan ?
      5. Apakah Kartiko juga seorang yg kebetulan
berlatar belakang pendidikan sama dengan saya sehingga jalan berfikir kami
sepertinya klop !?

      Saya kembali membahas ini dengan H Tabrani.
      Beliau seperti biasa sambil sewot, "
Terserah…you mau lihat dari
      kacamata kebetulan atau kacamata kebesaran Allah
!".

      Sayapun mulai tak percaya dengan diri saya.
      Saya mulai goyah dengan pandangan saya selama
ini.

      2.4 Kejadian 4

      Akhirnya kami pun tiba di Jeddah, yg kemudian
perjalanan disambung ke Madinah.
      Malam hari kita berangkat sholat Isya’ ke Masjid
Nabawi. Disini Rasululloh dimakamkan, jelas H Tabrani.
      "Kok kuburan di Masjid Pak Haji, nggak
bener itu !"
      "Wah you ini mau sholat apa nggak !".
"You khan bisa sholat karena orang yg dimakamkan disini !".
      Tanpa banyak bantah saya ikuti ajakannya sholat
diluar (halaman) Masjid (karena larut, pintu masuk sudah ditutup).
      Saya sholat tepat disamping pintu makam
Rasululloh, sedang H Tabrani sholat 5 meter didepan saya.

      Tiba-tiba, baru saja saya takbiratul ihrom,
pintu disamping saya berdebum.
      Sayup-sayup berdebum. Seperti suara orang kerja.
Tapi lebih
      mirip suara orang marah-marah membanting meja
atau kursi.

      Tiba-tiba perasaan takut saya datang.
      Akhirnya saya batalkan sholat saya, pindah
menjauhi makam Rasululloh.
      Makam orang yg saya pikir pembuat Al-Qur’an. Dan
saya mulai dihantui
      pemikiran tersebut. Sholat saya sudah nggak bisa
khusuk lagi.

      "Andry…kamu kenapa pindah sholatnya
?", tanya H Tabrani.
      "Nggak tahu tuh Pak, ada suara berisik
dipintu, sepertinya pintu itu mau dibuka orang ", jawab saya.
      "Suara berisik apa ".
      "Loh Pak Haji nggak denger barusan "
      "Enggak ah…, Iqbal…kamu dengar suara
?" "Enggak Pak…"

      Perasaan saya mulai nggak karuan. Rasa takut
dicampur rasa bersalah.

      Saya coba analisa pakai belahan kiri, bahwa
mungkin posisi saya yg tegak lurus dengan pintu menyebabkan saya bisa dengar,
namun mereka karena tidak tegak lurus, mereka tak bisa mendengar.
      Tapi harusnya juga dengar. Mustahil tidak,
karena suara itu keras koq.

      Akhirnya saya ceritakan ke H Tabrani tentang
perasaan kacau saya.
      Saya ceritakan bahwa saya pernah menulis e-mail
yg berpendapat apakah semua
      ini bisa-bisa nya Muhammad. Kala itu saya tetap
menyangsikan kronologi
      turunnya wahyu. Hingga saya mensejajarkan posisi
Muhammad dengan
      Napoleon, Karl Marx, Einstein, Aristoteles,
Plato, dan pemikir besar
      dunia lainnya.

      "Wah…kalau you udah sadar itu salah, you
mesti minta maaf besok didalam Masjid, tepat disamping makamnya kalau bisa
", kilah H Tabrani.

      Esok hari, pagi-pagi sekali kami bangun,
berangkat menuju Masjid Nabawi.
      Masjid besar dengan halaman yang juga besar.
      Dengan terhuyung sambil ngantuk (karena nggak
biasa bangun dan sholat shubuh) saya berjalan menyusuri halaman Masjid seperti
menyusuri 2 kali panjang lapangan bola.
      Seluruh lantainya ditutupi Pualam putih.

      Setelah melewati pintu utama, saya berjalan
memasuki ruang dalam Masjid
      area perluasan King Fadh. Saking besarnya,
pandangan lepas kita tak
      dapat melihat ujung Masjid lainnya. Lantai,
dinding dan Tiang ditutupi
      marmer yg dipolish licin. Setiap tiang terdapat
lubang AC yg dapat
      mengatur suhu ruangan otomatis.

      Kami terus berjalan menuju Raudah (batas
bangunan asli Masjid yg
      dibangun Muhammad) melewati area perluasan King
Azis.
      Antara perluasan King Fadh dan King Azis
terdapat Kubah yg dapat terbuka dan tertutup otomatis.
      Sempat terfikir oleh saya, betapa besar biaya yg
diperlukan untuk ini semua.
      Namun saya coba tahan pemikiran negatif itu dan
menggantikannya
      dengan fikiran betapa besar pengaruh Muhammad
sampai sekarang hingga
      dapat terwujud Masjid sebesar dan seagung ini.

      Kamipun hampir mencapai Raudhah, namun tak bisa
masuk karena penuhnya.
      Setelah sholat Shubuh, saya dianjurkan H Tabrani
untuk berdo’a di area
      Rhaudah.
      "Kenapa .?", tanya saya.
      "Berdoa disana Insya Allah lebih amat
makbul (dijawab oleh Allah terhadap permintaan doa kita).
      Sempat terbesit pertanyaan saya, apakah doa
orang yg berdoa di Masjid Dago Atas tidak makbul ?
      Namun saya mulai menahan diri terhadap pemikiran
dan pertanyaan model itu.

      Setelah berdoa, kamipun berdesakan keluar
melalui Pintu Jibril, pintu yg melewati tepat muka makam Rasululloh.
      Saya ambil barisan paling kiri, barisan yg
paling dekat dengan sisi makam.
      Kami berjalan berdesakan, perlahan, penuh sesak
namun sangat tertib.
      Dari kejauhan saya melihat pagar makam yg
didalamnya gelap tak ada cahaya.
      Dalam antrian perlahan saya mendekati makam.
      Didalam pagar terlihat tiga makam yg ditutupi
kain.
      Saya tak tahu yg mana Makam Rasululloh, yg mana
makam Abu Bakar, dan yg mana makam Khadijah, isteri Nabi.

      2.5 Kejadian 5

      Disepanjang makam berdiri 4 orang tua dengan
badan tinggi bersorban yg
      selalu menepis tangan orang yg mencoba memegang
pagar dengan meratap.
      "Musyrik !!!", hardiknya.
      Mereka senantiasa menjaga perilaku setiap orang
yg mencoba ziarah dengan kelakuan aneh.
      Disini saya mulai mengerti arti Islam sebagai
agama Tauhid.
      Agama yg berillah hanya dan hanya kepada Allah.
Tiada kepada yg lain, tiada pula kepada para Nabinya.
      Nabi hanya sebagai pembawa RisalahNYA,
MandatarisNYA, dan bukan tempat untuk meminta atau berdo ‘a.
      Nabi juga bukanlah anakNYA, karena beranak pinak
adalah perilaku ciptaaNYA dan bukan salah satu sifatNYA/perilakuNY A.
      Musyrik atau Syirik, mensyarikatkan Allah dengan
sesuatu lainnya adalah
      satu-satunya perbuatan dosa yg tidak pernah
diampuni Allah.

      Bukan maksud saya menyindir, tapi sering kali
orang melakukan "HUMANISASI" .
      Imajinasi bentuk alien (mahluk luar angkasa) tak
pernah
      jauh lari dari bentuk manusia, berbadan,
berkepala, bertangan dan berkaki.
      Film-film kartun
Hollywood , selalu menampilkan bentuk perilaku

      binatang yg bertingkah polah bagai manusia, dan
berbentuk fisik yg sudah dirobah menjadi mirip manusia.
      Dongeng-dongeng binatang buku cerita untuk anak
kecil juga demikian.
      Robot-robot sekarang dan masa datang,mengambil
analogi kerja tubuh dan bentuk badan manusia.
      Sampai-sampai Tuhan atau Dewa-dewa yg
digambarkannya pun mirip bentuk manusia.
      Adapula yg menganalogikan perilaku Tuhannya
seperti manusia dengan perilaku beranak pinak.
      Disini saya merasa mendapat petunjuk, bahwa
Muhammad NabiNYA, bukan anakNYA, bukan tempat meminta.

      Ketika saya tiba persis dimuka makam, seseorang
dengan suara yg berat
      dibelakang saya berkata perlahan. Tidak keras
namun tidak berbisik.
      Kedua tangannya memegang pundak saya dari
belakang. Ia berkata dalam
      bahasa Arab, " Ya Rasululloh.. .ini aku,
aku datang kepadamu, bukan untuk meminta sesuatu yg lain.
      Aku hanya ingin meminta maaf kepadamu ya
Habiballoh.
      Aku hanya mengagumimu namun aku tak pernah
memujimu.
      Aku fikir aku telah menempatkanmu pada posisi yg
tinggi, namun ternyata
      engkau lebih mulia dari itu. Aku tidak mencela
engkau namun aku sadar
      aku telah melecehkan engkau. Aku minta maaf ya
Rasululloh".

      Pembaca, saya dapat mengerti hampir seluruh ucapannya
dalam bahasa Arab
      itu, namun saya belum pernah belajar Nahu sorob
atau bahasa Arab !
      Saya jadi bingung sendiri. Saya lihat dipundak
saya salah satu tangannya yg
      memegang pundak saya dari belakang, besar sekali
dan hitam legam. Waktu
      saya menolah kebelakang, orang tersebut seperti
dari Afrika, tinggi luar biasa, hitam legam.
      Ia mengucapkannya sambil merintih menahan
tangis.
      Rasa haru, menyesal luar biasa, dan sedikit
ketakutan pun menyelimuti saya.
      Saya tak ucapkan kata apapun. Semua yg akan saya
ucapkan telah
      diucapkan orang dibelakang saya dalam bahasa
Arab yg saya tiba-tiba mengertinya.

      Keluar pintu Jibril, saya menunduk menahan
tangis dan haru, agar tak terlihat H Tabrani dan Iqbal puteranya.
      H Tabrani tahu itu. Merekapun mempercepat
langkah agar tetap didepan saya.
      Saya coba cari orang tinggi besar hitam tadi.
      Mungkin karena ramai kerumunan, saya tak dapat
menemukannya.

      Sesampai di Hotel, kamipun mendiskusikannya.
Terutama tentang dapat
      mengertinya saya terhadap ucapan dalam bahasa
Arab.

      Saya bilang : "Mungkin begini Pak, karena
saya dihantui rasa bersalah,dan memang saya akan berkata minta maaf, maka
persepsi saya terhadap apa yg diucapkan orang tadi adalah persepsi fikiran
saya".

      H Tabrani : "Itu mungkin. Mungkin saja.
Tapi mungkin juga petunjuk,
      bahwa beliau (Rasululloh) tahu benar isi hati
anda, dan beliau dengan
      ahlaknya yg mulia sudah memaafkan you
tentunya".

      Aca : " Ah…masak sich Pak. Sedemikian
mudah dan cepatnya saya mendapat petunjuk "

      H Tabrani : " Temen you dan saya khan sudah
berkali-kali mengatakan,
      semua itu terserah you saja. Apakah you mau
anggap itu semua kebetulan
      atau sebuah petunjuk. Berkali-kali saya
mengatakan – terserah you saja !"

      Saya mulai tak banyak membantah.
      Saya benar-benar mulai berfikir, bahwa tak ada
yg namanya kebetulan.
      Semua sudah ada aturannya, semua sudah ada sebab
akibatnya.
      Ada
sebuah "hukum sebab-akibat" yg berlaku absolut dialam semesta ini.
      Hukum Sebab-Akibat itu diatas hukum-hukum
lainnya.
      Juga diatas hukum fisika, sosial, maupun
psykologi yg saya anut selama ini.

      Saya mulai meyakini ini sebagai Hukum
Sunatulloh, dan bukan hukum
      psikologi. Bukan efek kebetulan karena rasa
bersalah. Bukan efek
      kebetulan kondisional akibat suasana yg khusuk,
sakral atau
      magic/angker. Melainkan hukum Sunatulloh kepada
orang yg mencari
      ridhoNYA, orang yg mencari jalan yg diridhoNYA.
Namun saya tak berani
      berfikir bahwa saya sudah berada pada jalan yg
benar, dalam "The right
      track". Namun yg jelas, saya mulai lebih
berhati-hati dan tidak gegabah.

      3. Perjalanan di Madinnah

      Setelah melewati waktu Zuhur, kami melakukan
City Tour, ketempat-tempat
      bersejarah antara lain, Masjid Kuba – Masjid
pertama di Madinnah yg
      dibuat Rasululloh,. Masjid Kiblat – Masjid
dimana ditengah sholat
      Rasululloh mendapatkan wahyu untuk sholat
menghadap Ka’bah/Mekkah, yg
      sebelumnya menghadap Masjidil Aqso’, sehingga
sholat tersebut beliau
      lakukan 2 roka’at menghadap Masjidil Aqso’ dan 2
roka’at sisanya
      menghadap Ka’bah. Karena kasus ini orang Kafir
Quraisy berkomentar
      Muhammad pemimpin yg plin-plan.

      Dibimbing oleh Tour Guide, kami berkunjung ke
Jabal Uhud, tempat dimana
      terjadi Perang Uhud. Terlintas dibenak saya
cuplikan film "The Massage"
      dimana Hamzah, Panglima perang kaum Mukmin yg
dibunuh dengan tombak oleh salah seorang budak suruhan Hindun, isteri Abu
Sofyan, pemimpin kaum kafir Quraisy yg sangat memusuhi Nabi.

      Pada peperangan tsb kaum Muslimin kalah yg
disebabkan tindakan
      indisipliner pasukan panah.

      Kami juga mengunjungi makam Fatimah, dimana
dekat makam dahulunya
      terdapat parit besar yg dikenal sebagai Perang
Khandak. Perang dimana
      pada saat itu kaum kafir dari berbagai bangsa
dan negara memboikot dan
      meng-embargo kaum muslim selama kurang lebih 2
tahun, dimana sekeliling
      Madinnah pada saat itu dibuat Parit besar yg
memisahkan/melindun ginya.
      Disini saya melihat bahwa perjuangan Rasulloh
adalah bertahan dan bukan
      menyerang. Konsep yg diajukan Rasululloh adalh
sebuah konsep dimana
      penguasa kafir tidak menyukainya. Konsep tsb
hanya mendapat tanggapan
      dari kaum Anshor yg bertempat tinggal di
Madinnah hingga Nabi harus
      hijrah/pindah kesana.

      Saya akhirnya bertanya kepada Tour Guide,
      bagaimana dengan tindakan Nabi yg saya anggap
ekspansi nekat
      yakni tindakan Nabi mengirim surat dari Madinnah
kepada Mekkah, Mesir,
      Roma, Persia, Abesinia, dan Negos(Ethiopia) .
      Madinnah tidak sebesar dan sekuat Mekkah, namun
tindakan
      Nabi mengirim
surat kepada Negara-negara tsb adalah nekat
(kalau tidak
      mau dibilang gila). Analoginya mungkin seperti
Vietnam, negara kecil yg
      baru berdiri, tanpa angkatan bersenjata yg
jelas, mengirim pesan kepada
      Indonesia, Australia, Amerika, Rusia, dan
European Community untuk
      takluk dan tunduk dibawah kekuasaanya.

      "Oh tidak, ini tidak seperti demikian
", jawab Tour Guide. "Urusan
      Raululloh bukan urusan kekuasaan. Konsep
Rasululloh bukan konsep negara,
      sehingga surat yg
dibuat bukan surat
kekuasaan . Surat
itu berisikan
      ajakan beragama Islam. Konsep Rasululloh adalah
konsep agama, bukan
      konsep pemerintahan" .

      "Lho, kalau bukan urusan kekuasaan,
bagaimana dengan Daulat Bani Umayah,
      kepemimpinan Islam setelah Ali, yg ekspansi
kekuasaanya dengan cepat dan
      pesat sampai ke Cordova, Spanyol, daratan China,
dan berbagai belahan
      dunia lain, sehingga Islam tidak hanya bicara
didalam Masjid, namun juga
      dipemerintahan, dimasyarakat, hingga berlaku
hukum yg hanya kita dengar
      sekarang secara sayup-sayup ‘hukum Islam’ ?
Bagaimana kita memberlakukan
      sebuah peraturan tanpa adanya kedaulatan ?
Bagaimana kita bicara rajam
      bagi yg berzinah, sementara lokalisasi pelacuran
mendapat izin dari
      pemerintahan Pemda setempat ? Bagaimana
memberlakukan hukum Islam tanpa
      pemerintahan Islam ? ", demikian saya
bertanya.

      Tour Guide tersebut tak dapat melanjutkan
penjelasannya. Sayapun
      menjelaskan, "Mas Syaiful…saya mohon maaf
loh, saya dalam pencarian,
      saya bukan sok tahu, tapi saya memang
benar-benar tidak tahu, dan saya
      benar-benar ingin tahu, kayak apa sich konsep
Rasululloh yg disampaikan
      pada saat itu ?".

      Tour Guide : "Baiklah, anda silahkan tanya
kepada orang yg lebih tahu,
      saya terus terang belum tahu benar untuk hal ini
". Aca : "Terimakasih
      Mas…saya akan simpan pertanyaan ini".

      Beberapa orang mungkin beranggapan ini tidak
penting, namun saya berfikir bahwa ini sangat penting.
      Dalam pencarian / perjalanan ini saya tak
menemukan jawaban,
      namun saya yakin insya Alloh, suatu saat, dalam
pencarian saya yg berikutnya, saya dapat menemukan jawabannya.. .Amien.

      3.1 Kejadian 6

      Setelah sholat Ashar, akhirnya kamipun
bersiap-siap untuk ber-umroh.
      Pak H Tabrani mengajarkan saya untuk memakai
pakaian Ihrom.
      Ia menjelaskan untuk memakai pakaian Ihrom, 2
lembar kain yg dililit dipinggang, satunya lagi di bahu.
      "Latihan pakai kain kafan ", demikian
penjelasannya. Meskipun ia bukan Tourist Guide, namun ia begitu telaten
      mengajarkannya pada saya. Meskipun kadang-kadang
menghardik saya,
      seperti waktu saya tanya kenapa koq nggak boleh
pakai celana dalam. Ia
      hanya menjawab "Jangan didebat !!! ini
daerah otak kanan ! ". Untung
      saya sudah rada kalem sekarang karena beberapa
kali mengalami peristiwa2 yg lalu, kalau tidak, mungkin sewotnya H Tabrani
berkelanjutan.

      Setelah mengambil niat di Miqod, diperjalanan
kami mulai membaca Talbiah :

      Labbaik Allohumma labbaik
      Labbaik Lasyarika laka labbaik
      Innal hamda, Wal nikmata, Laka wal mulk
      La syarikalak

      Ya Allah, aku datang memenuhi panggilanmu
      Tiada syarikat bagimu
      Sesungguhnya segala puji, segala nikmat, dan
segala kuasa Hanyalah dari
      engkau. Tiada syarikat bagimu.

      Pembacaan Talbiah baik di pesawat maupun
diperjalanan/ bus, sangat
      diliputi rasa haru yg luar biasa.

      Kamipun tiba di Mekkah,
kota Haram. Hotel kami cukup dekat dengan
      Masjidil Haram. Sementara barang-barang diurus
oleh petugas travel, kami berwudhu di Hotel, kami langsung memasuki Masjidil
Haram, sebuah Masjid yg paling terkenal yg mungkin paling tua didunia. Saat itu
saya belum merasakan pesonanya.

      Namun setelah melepas sandal dan memasuki
Masjid, saya terdiam melihat
      benda hitam pekat persegi empat yg berada
ditengah-tengah Masjid. Ka’bah ternyata berukuran lebih besar dari perkiraan
saya. Saya menahan tangis didepan rombongan tapi tak kuasa. Dengkul saya lemas
luar biasa. Sulit sekali menggambarkan pesonanya. Saya kurang tahu persis pada
saat itu tapi saya percaya Iqbal, anak Pak H Tabrani yg pertama kali Umroh juga
terdiam tak bersuara tak bergerak. Ia juga mengalami hal yg sama.

      Saya lemas dan duduk. Saya berusaha
perlahan-lahan bergerak mendekat,
      namun semakin dekat, semakin tak kuasa menahan
tangis. Akhirnya saya
      mulai meraung seperti anak kecil. Saya menangis
sambil duduk tidak
      mengerti kenapa. Dan saya tahu persis saat itu
saya tidak sedih.

      Benda itu berada ditengah-tengah Masjid, besar,
besar sekali. Hitam
      pekat sekali. Benar-benar saya tak mengira bahwa
Ka’bah berukuran
      sebesar itu.

      Saya tidak pernah berfikiran bahwa di dalamnya
ada Allah sedang
      bersemayam. Sepintas hanya sebuah batu yg
disusun dan dilapis kain
      hitam. Namun saya melihat sedemikian banyaknya
manusia mengitarinya
      melakukan yg disebut tawaf. Bukankah ini bukti
dari hasil kerja
      Muhammad.

      Analisa saya bermain, apakah sekian banyaknya
manusia datang kesini
      hanya ditipu satu orang yg bernama Muhammad.
Namun intuisi saya juga
      bermain, bahwa kegiatan ini pasti bukan baru
dimulai kemarin. Kegiatan
      ini dilakukan pasti sejak ajaran Muhammad.
Pendapat ini adalah pendapat
      awal saya yg kemudian di konfirmasikan beberapa
hari kemudian oleh H
      Tabrani bahwa kegiatan ini sudah ada bahkan
sejak milata Ibrahim, bapak
      besar berbagai bangsa yg melahirkan agama
Yahudi, Nasrani (bukan
      Kristen) , yg kemudian juga Islam.

      Saya mulai tawaf putaran pertama. Sambil air
mata bercucuran (tanpa
      malu-malu lagi sebab kanan kiri sayapun
demikian) saya dibimbing H
      Tabrani membaca do’a-do’a putaran pertama.
Posisi kami sangat dekat
      dengan Ka’bah dan senantiasa saya semakin
merapat kedalam. Kami merasa
      seperti memasuki sebuah gravitasi luar biasa yg
menarik ketengah. Seolah kami bergerak perlahan bersama tanpa menginjak bumi
(seperti melayang), semakin rapat dan semakin pekat ketengah. Kita tak kuasa
menentukan arah (kecuali sedikit), kita hanya dapat berserah diri mengikuti
arus putaran itu. Sambil memegang buku do’a kecil, saya coba baca juga artinya.

      Disitu terdapat do’a permintaan umur panjang dan
keturunan yg banyak
      serta soleh. Saya tanya ke H Tabrani, " Loh
Pak…kok ada permintaan
      seperti ini ya…?. H Tabrani menjawab, "Ya
memang ada, khan saya sudah
      katakan boleh minta apa saja".

      Pada tawaf putaran kedua, saya kembali membaca
do’a khusus untuk putaran kedua – sambil juga melihat artinya. Agak sulit
memang karena banyak jama’ah Iran
berbadan besar berdo’a lantang sekali. Kadang saya tak mendengar suara H
Tabrani sehingga sulit mengikuti apa yg didiktenya.
      Kembali saya lihat artinya, " Loh…Pak,
koq disini ada permintaan
      terhadap rezeki yg banyak". H Tabrani pun
kembali menjawab, " Ya memang
      boleh. Anda saja yg Cuma minta petunjuk dan
nggak mau minta yg lain.
      Minta harta boleh…habis -kalau tidak – anda
mau minta ke siapa lagi
      kalau bukan sama dia ".

      Pada tawaf putaran ketiga, saya kembali membaca
do’a sambil membaca
      artinya. Terdapat dengan jelas disitu
"Tijarotan Lantabur " yg artinya
      "perdagangan yg jauh dari rugi". Saya
kembali bertanya dengan lebih
      antusias karena masalahnya erat dengan kehidupan
saya yg memang bergerak di bidang ini. "Loh-loh…ini lebih aneh lagi
Pak…kok boleh minta dagang agar jauh dari rugi, ini khan urusan dunia.
Bagaimana kita bisa rugi – ya karena manajemen yg buruk, sedangkan bagaimana
kita bisa untung ? ya dengan manajemen yg baik ? ". Akhirnya H Tabrani
mulai sewot lagi, " You khan bilang waktu dipesawat, bahwa you hanya minta
petunjuk, betul ndak…?" "Betul Pak ", jawab saya. " OK
kalau begitu nggak usah do’a saja
      …" , tegas H Tabrani.

      Analisa dan intuisi saya jalan lagi, dan
tiba-tiba saya teringat surat

      Al-Fatihah, ayat 4, "Iyya ka na’ budu wa
iyya ka’ nastaiyn". Kepadamulah kami menyembah dan hanya kepadamulah kami
minta pertolongan. Saya fikir ini harus berlaku pada semua hal – segala hal –
segala sesuatu – termasuk hal-hal duniawi seperti bisnis. Sehingga musyrik
hukumnya jika kita meminta pertolongan dalam bidang bisnis kepada Kadin, Pemda,
Katabelece Pejabat untuk menggoalkan proyek kita. Haram hukumnya meminta
pertolongan kepada Bagian Purchasing untuk melakukan bisnis dengan kita.

      Permintaan tolong hanyalah kepada Allah semata.
Adapun, Kadin, Pemda,
      Pejabat, dan bag Purchasing, hanyalah perantara.

      Hal ini jangan dianggap sepele, karena ini yg
akan menentukan strategi
      manajemen perusahaan kita, apakah kita akan
melakukan KKN atau
      melakukannya dengan pendekatan lain.

      Akhirnya dengan pemahaman yg seperti ini, saya
kembali berdo’a dengan
      segala kerendahan hati. Meminta kepada yg
mempunyai, memohon kepada
      pemilik yg sesungguhnya, meminta kepada Penguasa
yg sesungguhnya,
      penguasa segala sesuatu, penguasa absolut.
Statemen awal saya dipesawat, sekarang terbantai semua. Saya ternyata tak hanya
meminta pertunjuk,tetapi saya – dengan kesadaran baru ini – juga meminta
duniawi.

      Demikian saya melihat Rahman rohim Allah. Jika
kita meminta dunia saja,
      Allah mungkin saja berikan, dan mungkin juga
tidak. Namun jika kita
      meminta keridhoan akhirat – insya Allah kita
juga akan mendapat dunia.
      Persis lagu Bimbo yg dinyanyikan Sam. Persis
juga sama dengan do’a –
      do’a di akhir tawaf yakni fiddunia hasanah – wa
fil akhiroti khasanah.
      Saya pun kembali berdo’a dengan lebih khusuk,
dengan kesadaran baru –
      tanpa banyak pertanyaan lagi.

      3.2 Kejadian 7

      Usai tawaf, kami menuju sumur zam-zam yg
terletak didalam areal masjidil Haram bagian bawah. Disini saya kembali
tercengang. Sebuah mata air yg hampir tak mungkin ada di daerah ini. Mekkah
dapat anda lihat sebagai pegunungan batu. Masjidil Haram berada di
tengah-tengah seperti lembah,sekelilingny a dapat anda temukan hanyalah bukit
batu yg sangat sulit dihancurkan. Ini pula yg menyebabkan pembangunan
konstruksi di kota
Mekkah sangat lamban.
      Jangankan tumbuhan subur, kurma pun malas tumbuh
disini. Ironisnya,
      terdapat air sumur zam-zam yg debitnya luar
biasa besar yg dipompa
      dengan pipa-pipa sampai ke Madinah, Jeddah,
Yaman, dan daerah lainnya
      selain untuk keperluan orang ber Hajji.
Berjuta-juta orang datang setiap harinya, namun sumur ini tak pernah ada
keringnya.
      Analisa dan rasa saya mulai jalan. Andaikan
memang ada sungai bawah
      tanah yg mengalir dibawah Mekkah, akankah
bertahan sedemikian lamanya ?
      Perhitungannya bukan 1400 tahun yg lalu, melainkan
perhitungan dari
      Ibrahim. Entah berapa ribu tahun. Karena sungai
bawah tanah dapat
      berubah alirannya hanya dalam kurun waktu
puluhan tahun saja. Namun
      sumur zam-zam ini tak pernah kering dan
senantiasa menyediakan air yg
      dibutuhkan Jamaah yg datang ke sini. Seolah olah
ia ada memang untuk
      kebutuhan ibadah ini. Saat itu tak ada lagi
dibenak saya teori kebetulan yg dahulu.
      Pada saat Sya’i, rukun Umroh berikutnya, saya
melihat manusia banyak yg
      berjalan, sebahagian berlari, antara dua bukit
batu, Syofa’ dan Marwah.
      Dipisahkan oleh pembatas tengah, kami mulai
melintasi area Sya’i.
      Sesekali saya melihat wajah cantik wanita Turki
dengan hidung mancung
      kulit putih bulu mata boros (Saat tawaf maupun
Sya’i dilarang menutup
      cadar muka – namun ada sebahagian mazhab
melakukannya) . Kecantikannya
      mungkin biasa bagi orang
sana , namun saya mengira pasti luar biasa
untuk ukuran orang Melayu. Agak lama baru saya sadar bahwa saya mulai kurang
khusyuk karena melakukan "olah raga leher".
      Akhirnya saya bertanya kepada H Tabrani, "
Pak…koq pakai lari-lari
      segala sich ? ". "Begini "-
jawabnya perlahan, "Dulu sewaktu Siti
      Khajar, isteri
Nabi Ibrohim , ia
berjalan sambil berlari-lari kecil
      mencari air antara bukit Syofa’ dan bukit
Marwah, sementara anaknya
      Ismail ditinggal sejarak tertentu dari Ka’bah.
Air yg dilihatnya
      ternyata hanyalah fatamorgana. Sedangkan air yg
sesungguhnya justru
      keluar didekat kaki Ismail.
      Dari sini saya pun semakin yakin dan menarik
kesimpulan, bahwa Ka’bah
      bukan dibangun oleh Muhammad, melainkan Nabi
Ibrohim, pendahulu untuk
      Musa, Isya, dan Muhammad, yg melahirkan 3 agama
besar, Yahudi, Nasrani,
      dan Islam.
      Seusai Sya’i kami pun menggunting rambut,
pertanda selesainya ibadah
      Umroh kita. Semoga Makbul.
      Sesampai di Hotel, kelelahan kami luar biasa.
Kaki saya kering
      pecah-pecah. Saya belum pernah merasakan
pegal-pegal seperti sekarang
      ini. Saya fikir, bagaimana dengan kaum wanita
atau Ibu-ibu. Pasti lebih
      capek. Tapi kelihatannya sama aja tuch. Salah
seorang jamaah haji wanita bercerita tentang anak temannya yg sekarang tinggal
di Hotel Hilton Mekkah yg tak dapat menyelesaikan tawafnya karena mencret
(penyakit yg lebih cepat dari pada jet). Kotoran alias tokai nya sedemikian
banyaknya sehingga ia pun kewalahan. Wueeek…sangat menjijikkan kata jamaah yg
lain menambahkan. Kepala rombongannyapun membawanya pulang kembali ke Hotel.
      Kami tak tahu bagaiman ia mengatasi problem
mencretnya yg merembes
      sampai pakaian Ihrom, namun akhirnya semua tahu,
bahwa ia mengenakan
      celana dalam pada pakaian ihromnya. Sesuatu yg
dilarang dalam Umroh.
      Saya jadi teringat sewaktu H Tabrani membentak
saya dalam masalah tsb.
      Pantas – dalam hati saya.
      .3 Kejadian 8

      Tak ada yg khusus bagi saya dalam kejadian ini.
      Kejadian ini terjadi pada saat saya hendak
mencium batu Ka’bah. Disitu
      terjadi antrean yg luar biasa. Didepan saya
terdapat seorang wanita muda dan cantik berpakaian Turki yg hendak mencium batu
Ka’bah (sisi kiri Ka’bah, bukan Hajarul Aswad). Mungkin karena pemikiran
jijiknya terhadap batu yg sudah dicium oleh jutaan manusia pada hari itu, maka
ia mengeluarkan tisu, mengelap, dan menggosok bagian yg hendak diciumnya.
Melihat kejadian itu, Bapak mertua saya pernah menceritakan perihal yg seperti
ini berkaitan dengan gelas stainless air zam-zam untuk diminum yg menempel pada
setiap keran zam-zam.
      Seorang Dokter, kawan Bapak mertua saya pergi
Haji, merasa jijik dan
      mengatakannya kepada Bapak mertua saya perihal
gelas stainless yg sudah
      diminum berjuta-juta mulut orang. Ini tidak
steril katanya. Dokter itu
      meminum juga air zam-zam dengan perasaan
jijik/geli. Keesokannya, apa yg terjadi. Mulutnya bengkak sariawan sampai ke
leher. Bapak mertua saya mengingatkan akan ucapannya kemarin perihal gelas
tersebut. Bapak mertua mengingatkan sang Dokter untuk meminumnya sekali lagi
dengan gelas tersebut tetapi dengan perasaan yg berbeda, yakni perasaan iklas.
      Keesokannyapun sang Dokter sembuh dari sariawan
seperti sedia kala.
      Wanita tersebut tetap asyik membersihkan batu
Ka’bah dengan tisunya,
      sementara antrean sudah mulai panjang dan
berdesakan. Ingin sekali saya
      melarangnya, namun karena nggak bisa bahasa
Turki, lagian nggak lucu
      khan kenalan didepan Ka’bah. Ketika ia hendak
mencium batu Ka’ ah –
      mungkin setelah ia merasa bersih – desakan dari
kerumunan orang
      dibelakang tak tertahankan hingga mendorong
wanita itu pada saat ia
      menciumnya sehingga benturan hidung mancung dan
batu tak dapat
      terelakkan. Ia pun selesai mencium batu Ka’bah
dengan hidung mimisan
      (berdarah).
      Kuwalat atau apa ini namanya ya ?
      Hati yg kurang bersih ?
      Saya jadi teringat cerita Ka’bah di
surat Al-Fiil dimana
tentara Abrahah yg mengendarai Gajah pada masa itu dibuat tak berdaya oleh
burung-burung Ababil.
      Saya semakin mengerti mekanisme ghoib. Mekanisme
yg tidak kasat mata.
      Bahkan mekanisme ini pun abstrak tak simetris.
Terjadi di kasus ini
      namun kadang tidak di kasus itu. Semuanya
parsial-kondisional , namun
      saya fikir standarnya sama jika kita ukur dari
perasaan hati yg dalam.
      Mekanisme tsb tak
kan pernah dapat diukur karena sifatnya yg
relatif tak pernah sama pada setiap individu. Meskipun ia bukan ada di alam
fisika, namun saya yakin ia ada dan bekerja secara setimbang. Saya cenderung
menyebutnya Metafisika daripada Supranatural yg lebih berbau klenik / sihir,
trick sulap yg diyakini sebagai salah satu keajaiban oleh orang musyrik.
      Mekanisme ghoib pada alam Metafisika inipun
bekerja pada kawan saya
      Iqbal dimana setiap harinya, sepulang kami dari
sholat, ia kehilangan
      sandal. Bahkan sehari dapat lebih dari sekali ia
kehilangan sandal. Ia
      mencoba berdo ‘a dan bertaubat dosa apa kiranya
yg telah ia buat. Namun
      tetap saja ia kehilangan sandal setiap harinya,
hingga ia harus membawa
      5 real setiap sholat guna menjaga apabila
sandalnya hilang. Tahukah
      anda, kejadian kecil disini – dapat menimbulkan
akibat besar disana.
      Saya ambil contoh misalnya, hilangnya sandal
Iqbal, mengakibatkan ia
      harus membeli sandal di toko dimuka Masjid.
Penjual di toko tersebut
      seharusnya melayani seorang calon pembeli wanita
misalnya, namun karena
      Iqbal membeli, maka ia tidak jadi melayani
wanita itu. Wanita itu pergi
      lebih cepat. Dalam perjalanannya pulang, ia
mengalami kecelakaan mobil
      (miss ditabrak mobil). Seandainya Iqbal tidak
kehilangan sandal, wanita
      tersebut mungkin akan 10 menit lebih lama untuk
jalan pulang, yg tentu
      saja tak mengakibatkan ia mengalami kecelakaan.
      Bukan disitu saja, sang suami wanita tadi (yg
katakan seorang jenderal), yg seharusnya berangkat melakukan perjalanan luar
negeri guna menandatangani sebuah kesepakatan perang, membatalkan rencananya,
      sehingga kesepakatan serangan atau perang tadi
ditangguhkan.
      Hilangnya sandal seorang Iqbal, dapat
mengakibatkan tercegahnya sebuah
      rencana perang atau penyerbuan.
      Ini contoh ekstreem yg memang hanya teori
main-main, tetapi saya yakin
      bahwa semua ini ada mekanismenya dan jangan
coba-coba untuk engurainya, karena ia terlalu abstrak dan hanya tunduk patuh
pada sang Maha Penguasa. Penguasa alam fisika dan non fisika.

      3.3 Kejadian 9

      Malam besok adalah malam terakhir saya di
Mekkah, oleh karenanya saya
      minta kepada Tour guide untuk mengantar saya ke
Goa Hira’ pagi-pagi
      sekali. Tak ada anggota rombongan yg mau ikut.
Tidak juga H Tabrani
      maupun Iqbal anaknya. " OK, nggak apa-apa,
saya tetap mau berangkat
      sendiri", tegas saya kepada Tour guide.
Jadi biaya travel maupun biaya
      Tour guide saya tanggung sendirian. Kamipun
merencanakannya.
      Paginya seusai sholat Shubuh, saya berkemas
bersiap berangkat, dengan
      tas ransel dan sepatu sport. Dengan menggunakan
taksi, kami tiba dikaki
      bukit Gua Hira’. Perjalanan sampai kepuncak
memakan waktu kurang lebih
      satu jam. Terbayang oleh saya ketika Nabi pulang
pergi setiap harinya
      sampai ke puncak. Gua Hira’ ternyata sangat
kecil. Lebih mirip dua batu
      yg saling bersandar daripada sebuah Gua.
Ditemani Tour guide, saya sujud ditempat Nabi Muhammad duduk menyendiri 1422
tahun yg lalu.

      Dalam sujud saya bicara dalam hati, "Ya
Malaikat Jibril, kenapa koq Nabi Muhammad diberi wahyu, kenapa saya tidak
?". "Kenapa Nabi Muhammad dapat berjumpa denganmu, kenapa saya tidak
?"
      Tanpa sholat dan do’a, tanpa meratap ke gua
apalagi membuang sesaji
      (hanya sujud dan berkata dalam hati seperti
diatas saja), kami pulang
      menuruni bukit. Saya pun membahas pertanyaan
saya di dalam hati tadi
      kepada Tour guide. Saya juga sering menyendiri
di Villa, menyendiri di
      kaki bukit G.gede, tetapi kenapa tak pernah
datang yg namanya Jibril.
      Saya jadi ingat cerita-cerita para sufi yg
mempelajari hakekat sehingga
      pergi kegunung-gunung menyendiri, lepas dari
hubungan sosial, serta tak
      mempedulikan situasi dan kondisi diri. Apakah
tindakan Nabi Muhammad
      pada kala itu seperti para sufi tsb ? Pertanyaan
inipun saya simpan
      kembali tanpa tahu jawabannya. Esok hari
terakhir, hari dimana saya mesti melakukan tawaf wada’, tawaf
      terakhir/ tawaf perpisahan dengan Ka’bah. Saya
tidur cepat setelah
      sholat Isya".
      Subuh dini hari saya bangun, ketika saya hendak
menggosok gigi, saya
      tiba-tiba tersadar, "Subhanalloh, tadi
malam saya bermimpi bertemu
      Jibril" . Buru-buru saya ketok kamar H
Tabrani. Saya bangunkan ia, dan
      saya ceritakan mimpi saya.
      "Bagaimana ceritera mimpinya ?", H
Tabrani bertanya.
      "Begini Pak, sesuatu berbentuk manusia
dengan peci hitam datang kepada
      saya. Saya bertanya siapa anda ? Ia menjawab
saya Jibril, kemudian ia
      mengajak saya untuk ikut. Saya berjalan
mengikutinya, dan tiba-tiba kami tiba di sebuah Masjid.
      Didalam mimpi saya Jibril berkata, " ini
Masjidil Aqsa". "Disini
      terdapat salah satu keajaiban yg anda
cari". H Tabrani pernah melawat ke Masjidil Aqsa’. H Tabrani berfikir
sejenak, kemudian ia menjawab,
      mungkin yg dimaksud adalah "The Dome of the
Rock. Sebuah batu yg berada
      tepat ditengah Masjid ". "Aneh memang
batu itu. Ia menggantung, dan
      berada tepat ditengah-tengah Masjid, kami semua
juga nggak ngerti kenapa begitu". Terus bagaimana tanya H Tabrani.
      Terus Jibril bilang begini Pak, "Tolong
Masjid ini dipelihara". H
      Tabrani menepak kepala "Waduh…repot
ini". "Kenapa Pak?", tanya saya.
      "Masjid itu dikuasai Yahudi. You Nggak bisa
keluar masuk seenaknya".
      "You sholat dibatasi disana, Cuma 5 menit
".
      "Wah saya nggak bisa jelasin artinya
".
      "Tapi yg jelas, saya yakin you adalah orang
yg disayang Allah".
      "Subhanalloh" . Saya sudah berumur 63
thn, tapi saya belum pernah mimpi
      bertemu Jibril, tapi you…you… luar
biasa".
      saya juga tidak mengerti sampai sekarang arti
mimpi saya, dimana saya
      tidur diMekkah, bermimpi dibawa seseorang yg
berkata sebagai Malaikat
      Jibril, yg kemudian membawa saya ke Masjidil
Aqsa’ di Palestin.
      Saya jadi merinding.
      Saya takut sendiri dengan kejadian-kejadian yg
saya alami.
      Saya takut untuk berbuat macam-macam.
      Saya mengalami semua ini dalam perjalanan ke
Mekkah.
      Kesadaran saya seperti sekarang ini amat saya
syukuri, namun yg paling
      saya takuti, adalah deviasinya, perubahannya
apabila saya tidak
      menjaganya.
      Apa yg akan terjadi nanti ditanah air.
      Saya harus menghadapi dunia nyata yg penuh
dengan godaan.
      Tidak seperti waktu di Mekkah, dimana fikiran,
jiwa dan raga kita bisa
      khusuk serta kita jaga kebersihannya.
      Dari perjalanan ini, tidak semua kejadian saya
ceritakan, hanya yg saya
      anggap penting saja, namun sebenarnya, kejadian
kecil lainnya yg merujuk kepada hidayah yg tidak saya ceritakan karena terlalu
panjang banyak saya alami, namun saya mempunyai beberapa kesimpulan :
      1. Allah itu benar adanya yg menciptakan segala
sesuatu.
      2. Wahyu Allah turun pada setiap kurun waktu
tertentu.
      3. Wahyu Allah juga turun kepada Muhammad yg
diutus sebagai Rasulnya.
      4. Allah tidak punya banat/sarikat/ kompetitor.
      5. Allah menurunkan Wahyunya kepada Muhammad yg
kemudian dibakukan dalam bentuk kitab yg bernama Al-Qur’an.
       6. Al-Qur’an adalah statemen dari Allah yg
didalamnya berisikan petunjuk bagi manusia yg ingin berserah diri kepadanya.
      7. Al-Qur’an bukan buatan Muhammad atau ideologi
Muhammad.
      8. Haji dan Umroh penting adanya dan bukan
bisa-bisanya Muhammad. Biaya yg demikian mahal, sebanding bahkan melebihi hasil
yg kita dapat dari perjalanannya.
      9. Daging Babi, darah, Alkohol, Judi, Zinah, dan
perbuatan maksiat lainnya adalah haram hukumnya. Tak perlu dianalisa secara
metode ilmiah, karena justifikasinya akan selalu ditemukan manusia guna
menghalalkannya, namun demikian, coba fikirkan dengan instrument rasa/intuisi
dari hati yg dalam, bermanfaatkah jika dilakukan.
      10. Kita manusia adalah manusia yg paling
istimewa, karena kita mempunyai 2 pilihan, berserah diri
      kepada kemauan Pencipta, atau berserah diri
kepada kemauan kita sendiri.
      11. Ada
mekanisme Ghoib yg tidak kelihatan, yg memberikan balasan positif apabila kita
berbuat positif, dan berbalas negatif apabila kita berbuat negatif pula.
      12. Mekanisme Ghoib, berlaku pada orang-orang yg
dicintai Allah, namun bagi yg sudah kelewatan, ia akan dibiarkan, karena Allah
menegur dengan sapaan hirarki. Peringatan pertama mungkin dengan mencolek, jika
ia tak mau, Allah peringati ia dengan menepak, jika ia tak juga sadar Allah
peringati ia dengan menempeleng keras, namun jika ditempeleng keras ia tetap
dableg dengan perbuatan negatifnya, Allah akan membiarkannya, karena hanya hari
akhir setelah matinya yg akan membalasnya kekal abadi di Neraka Jahanam.
      13. Mekkah dan Madinah bukan tanah suci (seperti
yg saya duga sebelumnya pada tulisan Muhammad punya bisa ), melainkan tanah
Haram, daerah dimana diharamkan bagi siapa saja berbuat kerusakan, dan itupun
hanya pada batas-batas tertentu yg sudah diberi patok/tanda.

————————————————————————–
      

Subhannallah. ..

 

Bukti kebesaran Allah SWT batu
tempat duduk Nabi Muhammad SAW saat Isra Mi’raj sampai kini masih tetap
melayang di udara. Pada saat Nabi Muhammad mau Mi’raj batu tsb ikut, tetapi
Nabi SAW menghentakan kakinya pada batu tsb, maksudnya agar batu tsb tak usah
ikut.
Kisah Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tentang batu gantung tsb yang berada dalam
masjid Umar (Dome of the Rock) di Lingkungan Masjidil AQSHA di Yarusalem

Ini foto dari teman saya sewaktu melawat Al Aqsa (yg
sebenarnya) di Jerusalem, Subhanallah …
foto ini bisa lolos karena tidak diketahui oleh pihak
israel yg menjaga tempatnya dengan
sangat ketat.

Sampai sekarang mesjid dome of rock ditutup untuk umum, dan Yahudi
membuat mesjid lain Al Sakhra tak jauh disebelahnya dengan kubah
"emas" (yg sering terlihat di poster2 yg disebarkan ke seluruh dunia
dimana2) dan disebut sebagai Al Aqsa, untuk mengelabui ummat islam dimana
mesjid Al Aqsa yang sebenarnya, yang Nabi Muhammad SAW pernah sebutkan Al Aqsa
sebagai "mesjid kubah biru".
Saat ini mesjid Al Aqsa yg sebenarnya sudah diambil alih oleh
israel , dan rencananya mau
dihancurkan untuk diganti sebagai temapat ibadah mereka karena bersebelahan
dengan tembok ratapan.

Tinggalkan komentar